Friday, October 31, 2008

Susahnya Menulis

Kalau dipikir sejenak sebenarnya menulis itu merupakan suatu hal yang mudah dilakukan. Dari sekolah dasar kita telah diajarkan bagaimana cara menulis. Di sekolah dasar tersebut kita mulai belajar menulis hal-hal sederhana yang kita ketahui dalam kehidupan kita sehari-hari seperti nama kita dan kegiatan yang kita lakukan. Jadi dari hal tersebut sebenarnya kita telah dilatih untuk menulis hal-hal yang kita ketahui.
Akan tetapi setelah kita dewasa dan memiliki pengetahuan yang lebih banyak dari pendidikan yang telah kita dapat banyak orang yang merasa sangat sulit untuk menulis sesuatu. Hal ini dapat kita lihat banyaknya mahasiswa yang sangat kesulitan dalam mebuat tulisan untuk laporan tugas kuliah, jurnal sampai tugas akhir yang seharusnya bisa ditulis oleh seorang mahasiswa. Padahal dengan pengetahuan yang lebih bertambah seharusnya sesorang bisa menulis lebih banyak lagi. Karena hal yang harus ditulisnya tersebut merupakan hal-hal yang telah dipelajari atau hal-hal yang harus dipelajarinya sebagai mahasiswa. 
Sebenarnya ada dua hal yang dapat menyebabkan hal di atas. Pertama, mahasiswa tersebut memang tidak memiliki pengetahuan yang seharusnya dimilikinya sebagai mahasiswa dan yang kedua, mahasiswa tersebut tidak terbiasa menulis apa-apa yang telah diketahuinya. Untuk masalah yang pertama si mahasiswa harus sadar diri bahwa dia perlu banyak belajar lagi sehingga layak disebut sebagai mahasiswa. Sedangkan pada masalah yang kedua seharusnya mahasiswa tersebut membiasakan diri untuk mendokumentasikan (menulis) apa-apa yang telah diketahuinya.
Sebagai contoh, ketika seorang mahasiswa jurusan komputer telah mempelajari sebuah bahasa pemrograman sehingga dia bisa membuat program seperti program kalkulator sederhana dia dapat menuliskan tutorial mengenai cara membuat program kalkulator sederhana. Hal ini memang terlihat sepele, tetapi dengan ini dia akan terbiasa membuat tulisan hal-hal yang diketahuinya. Akan tetapi terkadang seorang mahasiswa tidak tahu bagaimana cara menulis tutorial tersebut padahal dia tahu membuat program tersebut. Hal ini dapat diatasi dengan cara membaca tutorial-tutorial yang dibuat orang lain sehingga dia tahu cara menulis tutorial. Hal ini juga berlaku untuk penulisan tugas akhir mahasiswa tersebut dia juga harus juga membaca tugas akhir yg telah di buat orang lain sehingga dia tahu bagaimana membuat tugas akhir.
Dari hal-hal di atas dapat disimpulkan bahawa untuk bisa menulis seseorang harus terbiasa menulis hal sederhana dari pengetahuannya. Dan untuk terbiasa menulis sesuatu seseorang juga harus terbiasa membaca, karean tidak mungkin seseorang bisa menulis kalau dia tidak terbiasa untuk membaca.

No comments: